Skip to content

Memelihara Website Adalah Kerja Senang

December 23, 2010

…kerja yang menyenangkan adalah ketika kita menyenangi pekerjaan itu.

 

Disela-sela waktu kerja harian yang cukup padat, saya selalu berusaha menyempatkan meng-update website yang saya kelola. Sebenarnya website ini adalah official website dari salah satu departemen dimana saya bekerja. Tetapi keberadaannya memang tidak secara resmi dikelola oleh lembaga pusat. Saya membuat website ini -tepatnya blog- karena iseng saja. Iseng karena ingin mempromosikan kriya keramik -ooo iya departemen saya berkerja adalah kriya keramik- kepada masyarakat umum secara lebih luas. Walaupun saya lebih berecimpung dalam ilmu kimianya tetapi tidak ada salahnya saya memperluas informasi kepada masyarakat umum melalui website ini.

Pertama kali muncul alamatnya adalah http://www.studiokeramik.blogspot.com. Tetapi karena alamat itu kurang keren maka studio keramik membeli sebuah domain dan jadilah alamat itu berpindah ke www.studiokeramik.org.

Kerja senang

http://www.studiokeramik.org adalah website mandiri dari segi pendanaan dan pengelolaan. Saya mengelola situs ini karena senang dan tidak ada bayaran serupiahpun. Sebenarnya pengelolaan ini cukup menyita waktu, terutama memilih artikel yang akan ditampilkan agar tidak terkesan stagnan. Dan karena belum ada dana yang cukup memadai maka format blog tetap dipertahankan untuk efisiensi keuangan dan tampilan yang sederhana saja.

Jumlah pengunjung/visitor adalah indikator kepoluleran sebuah situs. Sampai tahun ke-3 ini jumlah pengunjung hampir 50.000 orang; dan sesuai pantauan shinystat jumlah kunjungan perhari rata-rata 40 orang. Bagi saya hal ini sudah cukup menyenangkan. Semakin banyak orang membaca artikel keramik di http://www.studiokeramik.org maka semakin terlihat keingintahuan orang akan keramik.

No comments yet

Leave a Reply

